Senin, 01 November 2010

Sup Chicken Pox (2): haruskah saya minum antivirus?

Pada anak-anak biasanya prognosisnya baik, sehingga tidak diperlukan antivirus. Justru pada dewasalah penyakit ini manisfestasinya lebih banyak menimbulkan penyulit, bisa berupa pneumonia dan ensefalitis. (Pada diriku manifestasi nyerinya lebih nyata. Terasa pegal da nyeri terutama pada tempat vesikel pecah.) Sehingga untuk pasien diatas 12 tahun dan yang memiliki gangguan imunitas (imunocompromised) dianjurkan diberikan antivirus seperti acyclovir atau valacyclovir per oral.

Selebih daripada itu penatalakasanaan varicella sebenarnya hanyalah simptomatik, khas penyakit virus. Dengan mengkonsumsi obat-obatan yang meringankan gejala. Jika panas dianjurkan untuk diberikan obat panas seperti parasetamol. Hindari penggunaan aspirin pada anak-anak karena bisa menyebabkan sindroma reye. Untuk batuk pilek diberikan obat sesuai gejalanya.

untuk mengatasi gatal dianjurkan menggunakan antihistamin per oral, jangan calamin lotion. Namun pada praktek sehari-hari biasanya saya menganjurkan menggunakan bedak salisil, yang akan meringankan gatal, sekaligus membantu melicinkan kulit sehingga vesikel tersebut tidak mudah pecah.
Pemberian salep antivirus berdasarkan teoritis tidak memberikan hasil yang memuaskan.Sehingga pasien kita bekali dengan salep antibiotik saja, yang dioleskan pada bekas gelembung yang pecah atau gelembung yang cairannya sudah berubah menjadi nanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar